Senin, 11 Juli 2011

SIG

GIS

Defenisi GIS
SIG merupakan sistem informasi kebumian berbasis sistem komputer. Dalam berbagai perencanaan SIG merupakan suatu model alternatif dari kegiatan dan proses dalam lingkungan dimana dapat dilakukan aktivitas pengukuran (measurement), pemetaan (mapping), monitoring (monitoring) dan pemodelan (modeling) (Star dan Etes, 1990)


Data Raster dan data Vektor
Peta Raster adalah peta yang diperoleh dari fotografi suatu areal, foto satelit atau foto permukaan bumi yang diperoleh dari komputer. Salah satu varian dari peta raster adalah peta hasil scanner atau scan map. Sewaktu kita melakukan scan pada sebuah kertas maka terjadi proses konversi menjadi peta raster digital yang dapat digunakan sebagai sebuah layer pada peta.
Data Vektor
Ada tiga tipe data vector (titik, garis, dan polygon) yang bisa digunakan untuk menampilkan informasi pada peta. Titik bisa digunakan sebagai lokasi sebuah kota

Geoprosesing
Geoprosesing merupakan fasilitas yang paling sering digunakan dalam mengolah data spasial. Melalui geoprosesing kita dapat membuat data baru melalui manipulasi theme pada view.

Manfaat GIS
-GIS bisa digunakan untuk keperluan perencanaan dan tata desa. Dengan GIS kita bisa menentukan lokasi yang paling baik.

-GIS digunakan untuk memprediksi pergerakan asap akibat kebakaran hutan atau asab limbah beracun.

-GIS digunakan untuk memprediksi perkembangan daerah berpopulasi tinggi
Secara sederhana manfaat GIS dalam data kekayaan sumber daya alam adalah untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam, misalnya minyak bumi, batubara, emas, besi, dan barang tambang lainnya.